Jika anda ingin belajar melakukan search engine optimization (SEO), maka terdapat beberapa cara optimasi yang anda perlu ketahui seperti on page optimization. berikut adalah sejumlah teknik SEO dengan melakukan on page optimization

 

Optimasi SEO Pada Konten Artikel

 

1. Optimasi Title Tag

Judul artikel dan title merupakan dua hal yang berbeda, sehingga kita dapat mengkostumisasi title sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan yang ada pada SEO. Cara mengedit title tag adalah dengan cara mengedit di bagian posts di bagian bawah di Yoast SEO pada bagian SEO Title. Misalnya anda mengejar kata kunci “tujuan utama dalam bisnis” anda dapat mengetik SEO Title judul seperti berikut “apa tujuan utama anda dalam menjalankan bisnis?” Klik update untuk mengupdate artikel anda.

2. Optimasi URL

Pada artikel perlu dilakukan penentuan focus keyword untuk menentukan keyword apa yang hendak anda kejar, sehingga YOAST bisa menilai kualitas artikel anda berdasarkan keyword yang anda tetapkan Untuk URL sebaiknya tidak terlalu panjang dan masih berhubungan dengan keyword yang dicari misalnya keyword yang diinginkan adalah “tujuan utama dalam bisnis” maka URL yang ditetapkan bisa saja “tujuan-bisnis”.

3. Optimasi Meta Description

Pada artikel website dapat dilakukan optimasi meta description dengan cara meng-klik di bagian deskripsi meta description di Yoast SEO dan meng-copy penjelasan artikel yang sudah ada di baris ketiga dari snippet preview article title.

4. Internal Link

Apabila anda ingin artikel anda memperoleh nilai atau rangking oleh google, maka anda harus membangun internal link dengan cara menambahkan link pada artikel anda yang mengarahkan ke artikel lainnya. Caranya adalah dengan meng-highlight keyword yang anda tulis pada artikel kemudian klik insert link dan klik di bagian link option, lalu masukkan link artikel yang anda inginkan.

5. Gunakan Tools Keyword Density

Menurut aturan SEO, tingkat kepadatan keyword atau density adalah berkisar antara 0,5 hingga 2,5%. Agar dapat mengecek tingkat kepadatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat pada situs “tools.seobook.com”. Apabila sudah mengunjungi situs tersebut anda tinggal copy dan paste url artikel anda lalu klik submit. Perhatikan pada bagian 2 word phrases dan 3 word phrases, apakah sudah mencapai tingkat kepadatan 0,5 hingga 2,5%. Disarankan jangan terlalu berlebihan karena akan dianggap spam oleh google.

Baca Juga: 10 Tips SEO Mudah Untuk Pemula

6. Optimasi Gambar

Apabila kita menaruh gambar pada artikel kita, kita dapat memodfikasi alt text dengan memasukkan keyword yang kita kejar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meng-klik gambar, kemudian klik icon pensil yang ada. Setelah sudah dimasukkan, klik update lalu klik update juga pada laman artikel.

7. Masukkan Outbound Link

Caranya sama dengan internal link namun bedanya mengarahkan ke alamat website eksternal lain. Jangan lupa beri centang saat add link “open link in new tab”. contohnya seperti ini “Google

8. Perhatikan Jumlah Kata Dalam Satu Artikel

Sesuai dengan kesepakatan para pakar SEO, jumlah minimal kata yang digunakan dalam sebuah artikel adalah sebanyak 300 kata. Jangan lupa untuk perhatikan kualitas artikel anda, tidak sekedar mengejar kuantitas saja, intinya artikel anda harus berfaedah dan memberi manfaat bagi orang lain.

9. Gunakan Subheading

Subheading adalah judul kedua dalam sebuah artikel, gunakan heading 3 karena boleh digunakan berulang kali.

 

Optimasi SEO Pada Pengaturan Page

 

10. Optimasi Category

Optimasi pada categories dapat dilakukan juga dengan cara yang sama, sebagaimana yang telah dilakukan pada optimasi pada artikel dengan memodifikasi pada bagian Yoast SEO. Lakukan optimasi dengan mengubah SEO title dan description pada category. Lakukan hal tersebut dengan meng-klik di bagian categories lalu klik edit dan lakukan modifikasi di bagian Yoast SEO.

11. Optimasi Tag

Lakukan hal yang sama persis seperti yang dilakukan pada optimasi category.

12. Optimasi Pages

(Lakukan hal yang sama persis seperti yang dilakukan pada optimasi artikel seperti title tag, URL dan meta description).

13. Ubah Format Permalink

Ganti permalink anda ke dalam format post name agar lebih mudah di-indeks oleh google, cara klik settings lalu pilih permalink dan beri tanda centang pada pilihan .“post name” lalu klik save changes

Baca Juga: 10 Tips SEO Mudah Untuk Pemula

Translate »